Selasa, 09 Juli 2013

laporan BK Karir











LAPORAN PRAKTIK BIMBINGAN DAN KONSELING KARIER 2

Layanan informasi untuk perencanaan karir siswa kelas XII Bahasa SMA Negeri 3 pemalang

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Bimbingan dan Konseling Karier 2


Oleh
M. Andi Setiawan
1301407086

    JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2008
LEMBAR PENGESAHAN

Laporan ini telah disahkan pada:
Hari                 :
Tanggal           :

                                                                                    Semarang, November 2008
Dosen Pengampu                                                        Mahasiswa


Drs. Imam Tadjri                                                      M. Andi Setiawan
NIP                                                                             NIM.1301407086

Mengetahui
Ketua Jurusan BK

                                                Drs. Suharso, M. Pd. Kons
                                                NIP. 131754158



KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis sampaikan kepda Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Karier 2, yang dalam mata kuliah ini mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling dilatih untuk mengaplikasikan tugasnya sebagai konselor di sekolah. Penulis melakuakan kegiatan penelitian di sebuah sekolah di kota pemalang yaitu di SMA Negeri 3 pemalang.
Kegiatan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peran dan tugas konselor di sekolah dalam melaksanakan program Bimbingan dan Konseling di sekolah. Observasi yang dilakukan dengan metode angket atau DCM yang kemudian dianalisa menjadi Satuan Layanan Pendukung ditujukan untuk mengetahui sejauh mana permasalahan yang dialami oleh siswa dan bagaimana penyelesaiannya.
Terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanan dan penyelesaian laporan ini :
1.      Drs. Imam Tadjri, selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Bimbingan dan Koneling Karier II
2.      Dra. Sinta Saraswati, M.Pd. Kons selaku Dosen Pengampu Mata kuliah Bimbingan dan Konseling Karier II
3.      Drs. Kusnarto Kurniawan, M. Pd. Kons selaku Dosen pembimbing
4.      Bapak dan Ibu yang saya cintai
5.      Suci Wiyanto, S. Pd selaku Konselor di SMA Negeri 3 pemalang
yang telah membantu dan bersedia meluangkan waktunya kepada penulis. Penulis menyadari masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan dalam penyususnan laporan ini, untuk itu penulis mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan. Semoga laporan ini bermanfaat.             

Semarang,   Agustus 2008
Penulis


 DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………. .
KATA PENGANTAR………………………………………………………
DAFTAR ISI…………………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………
  1. Latar Belakang……………………………………………………......
  2. Tujuan………………………………………………………………... 
  3. Manfaat……………………………………………………………….
  4. Waktu dan Tempat…………………………………………………...
  5. Metode………………………………………………………………. .
  6. Pembimbing observerasi……………………………………………..
  7. Observer……………………………………………………………...
  8. Observee……………………………………………………………...
BAB II ANALISIS  DAN PEMBAHASAN...................................................
  1. Analisis Hasil DCM
BAB III PENUTUP…………………………………………………………
  1. Kesimpulan………………………………………………………….
  2. Saran…………………………………………………………………
LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Universitas negeri semarang sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berfungsi menghasilkan tenaga kependidikan berusaha meningkatkan mutu mahasiswa antara lain dengan menerjunkan mahasiswanya secara langsung ke sekolah-sekolah yang telah di tentukan sebagai upaya penerapan tenaga kependidikan yang profesional dalam menjalankan kependidikan.
            Mata kuliah BK Karier sebagai salah satu mata kuliah yang ada di dalam jurusan bimbingan dan konseling menghendaki mahasiswanya dapat mengetahui arah dan tujan  kedepan dari peserta didik. Observasi yang dilakukan oleh mahasiawa BK kali ini adalah untuk memberikan bimbingan kepada peserta didik, yang mana bimbingan yang diberikan berdasarkan hasil analisis DCM yang telah diberikan kepada peserta didik pada observasi sebelumnya.dari hasil analisis DCM diambil tiga permasalahan yang banyak dihadapi oleh peserta didik yang kemudian peserta didik diberi bimbingan

B.     Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih serta membentuk mahasiswa sebagai calon konselor agar mampu menganalisis dan menangani sejauh mana permasalahan yang dialami siswa Sekolah Menengah Umum berdasarkan kompetensi yang dimilikinya sebagai konselor sekolah. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana konselor sekolah melaksanakan tugasnya, mengidentifikasikan kebutuhan siswa serta melatih mahasiswa mengetahui seberapa besar peran konselor sekolah dalam menangani permasalahan yang dialami siswa secara umum agar dapat diperoleh pemecahannya sesuai dengan kemampuan dan minat siswa. Observasi ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kelas kepada peserta didik yang mengalami masalah berdasarkan hasil DCM yang telah dibagikan pada observasi sebelumnyaselain itu observasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi atau kemampuan mahasiswa BK.

C.    Manfaat
Kegiatan ini berfungsi memberikan bekal kepada mahasiswa khususnya jurusan Bimbungan dan Konseling agar memiliki kompetensi profesional, kompetensi personal dan kopetensi kemasyarakatan serta peka terhadap lingkungan.
Kegiatan ini, mempunyai sasaran agar mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling mampu bekerja sesuai dengan bidangnya serta mampu memahami dan mengimplementasikan bagaimana seorang konselor sekolah menanggapi serta mengidentifikasikan kebutuhan siswa, agar dapat mengaplikasikannya dan mempunyai keterampilan yang menunjang tercapainya penguasaan kompetensi profesional, kompetensi personal dan kompetensi kemasyarakatan. Observasi ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa BK  dalam menangani suatu masalah, diharapkan dengan observasi ini dapat meningkatkan keprofesionalan mahsiswa dalam menghadapi masalah sehingga permasalahan dapat terselesaikan dengan baik. Manfaat lain yang didapat  seliai itu adalah memberikan penyelesaian masaah yang dihadapi peserta didik berdasarkan hasil DCM yang telah dibagikan pada pertemuan sebelumnya.

D.    Waktu dan Tempat
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih dua hari yang dimulai pada tanggal 28 dan 11 Agustus 2008 yang bertempat di SMA Negeri 1 Kemangkon dengan alamat di Jalan Raya Panican-Kemangkon, Purbalingga.
E.     Metode
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang berupa Daftar Cek Masalah (DCM).
F.     Observer
Observasi ini dilakukan oleh:
Nama               : RAINA DWI PURWANINGTYAS
NIM                : 1301407083
Jurusan            : Bimbingan dan Konseling

G.    Observee
Observasi ini dilakukan kepada siswa Kelas XI IPS 1 yang berjumlah 42 orang dari SMA Negeri 1 Kemangkon.


BAB II
ANALISIS DAN PEMBAHASAN

HASIL ANALISIS DCM
PER BUTIR MASALAH
SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 1 KEMANGKON

No
TOPIK
No Butir Masalah
N
Mn
Mn x 100%
N
Derajat Permasalahan
A.
KESEHATAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31

5
16
2
9
3
8
8
2
7
13
4
17
7
4
14
18
1,55
4,96
0,62
2,79
0,93
2,48
2,48
0,62
2,17
4,03
1,24
5,27
2,17
1,24
4,34
5,58

B
B
A
B
A
B
B
A
B
B
B
B
B
B
B
B
B.
KEADAAN PENGHIDUPAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
6
7
3
1
0
0
4
12
8
9
1
1
0
8
1
16
14
30
17
5
1,86
2,17
0,93
0,31
0
0
1,24
3,72
2,48
2,79
0,31
0,31
0
2,48
0,31
4,96
4,34
9,30
5,27
1,55
B
B
A
A
A
A
B
B
B
B
A
A
A
B
A
B
B
B
B
B

C.
REKREASI DAN HOBI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31

5
19
2
15
10
6
3
18
12
10
3
0
8
10
14
2
11
3
1,55
5,89
0,62
4,65
3,10
1,86
0,93
5,58
3,72
3,10
0,93
0
2,48
3,10
4,34
0,62
3,41
0,93
B
B
A
B
B
B
A
B
B
B
A
A
B
B
B
A
B
A

D.
KEHIDUPAN SOSIAL-KEAKTIFAN BERORGANISASI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
3
1
3
1
4
22
15
10
9
16
5
21
11
4
26
26
13
23
6
8
0,93
0,31
0,93
0,31
1,24
6,82
4,65
3,10
2,79
4,96
1,55
6,51
3,41
1,24
8,06
8,06
4,03
7,13
1,86
2,48
A
A
A
A
B
B
B
B
B
B
B
B
B
B
B
B
B
B
B
B

E.
HUBUNGAN PRIBADI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
0
2
9
12
1
3
1
2
16
9
8
16
3
14
7
23
0
22
19
6
0
0,62
2,79
3,72
0,31
0,93
0,31
0,62
4,96
2,79
2,48
4,96
0,93
4,34
2,17
7,13
0
6,82
5,89
1,86
A
A
B
B
A
A
A
A
B
B
B
B
A
B
B
B
A
B
B
B

F.
MUDA MUDI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
9
3
11
8
9
9
2
7
7
5
0
10
4
0
16
14
2
13
10
16
4
0
2,79
0,93
3,41
2,48
2,79
2,79
0,62
2,17
2,17
1,55
0
3,10
1,24
0
4,96
4,34
0,62
4,03
3,10
4,96
1,24
0
B
A
B
B
B
B
A
B
B
B
A
B
B
A
B
B
A
B
B
B
B
A

G.
KEHIDUPAN KELUARGA
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
3
1
16
3
4
6
16
4
0
3
5
15
4
136
5
7
7
2
2
3
0,93
0,31
4,96
0,93
1,24
1,86
4,96
1,24
0
0,93
1,55
4,65
1,24
4,03
1,55
2,17
2,17
0,62
0,62
0,93
A
A
B
A
B
B
B
B
A
A
B
B
B
B
B
B
B
A
A
A

H.
AGAMA DAN MORAL
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31

0
21
10
0
17
14
0
3
4
1
3
0
0
0
0
1
0
3
0
0
3,72
3,10
0
5,27
4,34
0
0,93
1,24
0,31
0,93
0
0
0
0
0,31
0
0,93
0
A
B
B
A
B
B
A
A
B
A
A
A
A
A
A
A
A
A
A
I.
PENYESUAIAN TERHADAP SEKOLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
0
3
9
7
9
1
11
4
5
7
1
0
1
16
2
1
14
14
6
4
0
0,93
2,79
2,17
2,79
0,31
3,41
1,24
1,55
2,17
0,31
0
0,31
4,96
0,62
0,31
4,34
4,34
1,86
1,24
A
A
B
B
B
A
B
B
B
B
A
A
A
B
A
A
B
B
B
B

J.
MASA DEPAN DAN CITA-CITA PENDIDIKAN/JABATAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31
31

22
15
24
23
18
21
0
14
15
1
0
17
16
14
6
3
7
6,82
4,65
7,44
7,13
5,58
6,51
0
4,34
4,65
0,31
0
5,27
4,96
4,34
1,86
0,93
2,17
B
B
B
B
B
B
A
B
B
A
A
B
B
B
B
A
B
K.
PENYESUAIAN TERHADAP KURIKULUM
1
2
3
4
5
6
7
31
31
31
31
31
31
31

2
0
11
14
12
7
1
0,62
0
3,41
4,34
3,72
2,17
0,31
A
A
B
B
B
B
A

Keterangan:
N                     : Banyaknya konselor yang mengerjakan DCM
Mn                   : Banyaknya konselor yang bermasalah untuk butir tertentu
0%                   : A (Baik)
1%-10%          : B (Cukup Baik)
11%-25%        : C (Cukup)
26%-50%        : D (Kurang)
51%-100%      : E (Kurang Sekali)


HASIL ANALISIS DCM
PER TOPIK MASALAH
PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 1 KEMANGKON

NO
TOPIK
M
N
Mm
Mm    x 100%
M x N
Derajat Permasalahan
A.
KESEHATAN
16
31
147
29,64
D
B.
KEADAAN PENGHIDUPAN
20
31
143
23,06
C
C.
REKREASI DAN HOBI
18
31
151
27,06
D
D.
KEHIDUPAN SOSIAL-KEAKTIFAN BERORGANISASI
20
31
231
37,26
D
E.
HUBUNGAN PRIBADI
20
31
169
27,26
D
F.
MUDA MUDI
22
31
160
23,46
C
G.
KEHIDUPAN KELUARGA
20
31
119
19,19
C
H.
AGAMA DAN MORAL
19
31
73
12,39
C
I.
PENYESUAIAN TERHADAP SEKOLAH
20
31
117
18,87
C
J.
MASA DEPAN DAN CITA-CITA PENDIDIKAN/
JABATAN
17
31
218
41,37
D
K.
PENYESUAIAN TERHADAP KURIKULUM
7
31
47
21,66
C


Keterangan:
M                     : Jumlah butir dalam topik masalah
N                     : Jumlah konselor
Mm                  : Jumlah butir masalah (banyaknya butir yang dicek)
0%                   : A (Baik)
1%-10%          : B (Cukup Baik)
11%-25%        : C (Cukup)
26%-50%        : D (Kurang)
51%-100%      : E (Kurang Sekali)


HASIL ANALISIS DCM
SETIAP SISWA PER TOPIK MASALAH
PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 1 KEMANGKON

N
O
NAMA
TOPIK
JUMLAH
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K

1
Aditya M L
6
2
3
5
3
2
7
1
5
6
1
41
2
Amrifa H I
6
7
4
10
8
8
7
1
8
8
0
67
3
Anang T A
7
4
6
8
10
10
7
2
5
7
3
69
4
Andi S
3
1
3
9
1
4
2
2
1
0
1
27
5
Aniatun K.
1
5
5
7
6
3
5
3
2
10
2
49
6
Anisa N A
4
3
7
6
6
4
3
3
2
4
2
44
7
Ardi N
-
-
-
-
-
-
-
-
-

-
-
8
Ari Restu F
4
5
2
3
3
3
0
1
4
3
0
28
9
Ayu W
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
10
Dafit H
4
3
2
8
3
3
6
1
2
3
0
35
11
Dhika N
4
6
8
7
7
11
4
1
6
12
2
68
12
Dian K W
6
3
4
7
4
5
1
1
4
7
4
46
13
Dyah G F
4
1
3
5
2
4
4
4
2
3
0
32
14
Ervin S L
5
3
7
6
2
5
3
0
7
6
1
45
15
Eti J
6
7
6
13
8
3
2
4
4
10
1
64
16
Evita Y P
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
17
Imroatun N
6
8
6
12
7
3
2
4
4
10
1
63
18
Irma S.
5
2
6
12
7
6
3
4
9
10
3
67
19
Laras W
2
5
5
5
6
2
4
3
3
10
2
47
20
Mellyana I
6
8
6
9
9
6
6
3
7
13
3
76
21
Mohammad
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
22
Nata S
4
7
4
9
5
9
5
2
2
7
2
56
23
Neneh I
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
24
Neti S
3
9
10
10
10
9
5
4
8
13
3
84
25
Novanto
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
26
Nur Alif R.
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
27
Nur H
6
2
6
12
8
10
3
4
6
8
3
68
28
Nurdian
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
29
Nurjanah T
5
4
2
5
6
2
4
3
3
9
1
44
30
Oka S P
1
2
2
5
2
5
3
0
2
0
1
23
31
Rizki D W.
7
5
6
7
5
4
3
2
1
7
2
49
32
Rochmiati
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
33
Samastha D
2
1
0
3
2
0
1
3
0
4
0
16
34
Septi
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
35
Septi Utami
2
4
5
3
6
6
7
4
3
0
0
40
36
Septia D F
1
5
4
5
6
3
5
2
3
10
2
46
37
Siti H
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
38
Susiana
10
12
5
10
7
6
4
4
4
9
2
73
39
Tyas DY
3
10
7
6
5
7
3
2
3
10
1
57
40
Wahyu N P
2
4
2
5
2
4
3
1
3
8
2
34
41
Wahyu P D
4
2
5
9
6
4
2
2
1
6
0
41
42
Yuni
8
3
10
10
7
9
5
2
3
5
2
64

Jumlah
137
143
151
231
169
160
119
73
117
218
47
1565

Keterangan :
-     : Siswa yang tidak hadir